Teknologi

Siri iPhone Selamatkan Nelayan yang Nyaris Tenggelam

http://www.guccibelts-outlet.com – Asisten virtual dari Apple yang cukup terkenal dan dipakai banyak orang, yaitu Siri, belum lama ini dilaporkan telah menyelamatkan tiga orang nelayan di daerah Florida, Amerika Serikat. Salah satu pusat info berita lokal, yaitu Fox 4 menyebutkan bahwa ketiga nelayan tersebut hampir sahja tenggelam dan kehilangan nyawa mereka di lautan lepas pantai Key Biscayne, Florida, Amerika Serikat.

Dikutip dari salah satu laman berita teknologi internasional, yaitu CNET pada hari Sabtu kemarin tanggal 6 mei 2017 ketiga nelayan tersebut sedang berada di perahu setinggi 18 kaki atau sekitar 5,5 meter yang mulai kemasukan air dan hampir saja tenggelam di laut lepas tersebut.

SIRI Iphone
SIRI Iphone

Semua nelayan memang sudah mengenakan jaket pelampung dan salah seorang dari mereka sudah mencoba menghubungi layanan telfon darurat di nomer 911. Sayang sekali, upaya tersebut tidak bisa dilakukan karena jari mereka yang basah dan touch screen dari iPhone yang tidak bisa digunakan, nelayan itu pun tak bisa menggunakan layar sentuh iPhone-nya.

Salah satu nelayan tersebut tidak putus asa dan lalu memanggil asisten virtual dari iPhone yaiut Siri dengan perintah “Hey, Siri”, kemudian ia memintanya untuk menelepon bantuan untuk menolong ketiga nelayan yang sedang terjebak di situasi darurat tersebut.

“Untungnya, mereka memiliki sebuah iPhone 7 yang memiliki fitur ketahanan terhadap air. Meski begitu, salah satu nelayan tak bisa membuat panggilan karena terhambat jari yang basah,” kata salah satu petugas penyelamat James Barrett yang datang langsung ke tempat kejadian.

Nelayan yang tidak putus asa tersebut ternyata memberikan instruksi kepada asisten virtual iPhone Siri tersebut untuk menghubungi nomer darurat 911 untuk segera menolong mereka yang hampir tenggelam. Tak lama dari kejadian itu, sebuah helikopter penjaga pantai menemukan para nelayan yang sedang dalam kondisi darurat tersebut, kemudian diselamatkan oleh polisi Miami-Dade.

Ternyata kasus ini bukan pertama kalinya Siri berhasil menyelamatkan nyawa seseorang dalam keadaan darurat. Sebelumnya di negara Kerajaan Inggris, balita yang masih berusia 4 tahun menggunakan Siri untuk menyelamatkan ibunya yang pingsan.

Ada juga kejadian lain dimana seorang ibu di Australia yang memerintahkan Siri untuk menghubungi mobil ambulans, sementara sang ibu merawat putri kecilnya yang tiba-tiba pingsan karena kehabisan oksigen.